Menu Sehari-hari Jadi Lebih Bervariasi

Resep Kering Kentang Mustofa Pedas Balado Goreng Renyah

by Unknown , at 2:21:00 PM
Kriuk-kriuk crispy resep kering kentang mustofa bumbu pedas balado yang renyah tahan lama tanpa kapur sirih. Cara membuat kentang goreng kering yang garing dan gurih seperti keripik stik atau batang korek api ini, kerap diolah berbagai macam bumbu sambal enak perpaduan asam pedas manis, di Bandung sangat populer disebut kentang mustofa.
Resep Kering Kentang Mustofa
Aneka bumbu tentu dapat dikreasikan, hanya saja untuk menghasilkan kering kentang yang awet renyahnya tetap memiliki tips dan trik agar renyah sempurna dan anti gagal. Kentangnya kentang biasa, mau pakai air, garam, bawang merah maupun bumbu-bumbu lainnya akan tetap renyah sempurna.

Caranya adalah dengan terus mengaduk-aduk kentang hingga wajannya mulai dingin (hangat kuku), serta mencuci bersih kentang hingga air cuciannya jernih. Bermacam bahan juga dapat dikombinasikan, seperti teri kacang maupun tempe. Selain kentang mustofa, masakan sambal dalam Resep Kentang Balado Sederhana bisa melengkapi menu harian lainnya.

Resep bumbu kering kentang

  • Kentang 1 kg
  • Daun jeruk 5 lembar diiris tipis
  • Gula pasir 4 sdm
  • Garam ½ sdt
  • Minyak untuk menumis bumbu 3 sdm
  • Minyak untuk menggoreng kentang secukupnya
Cara Membuat Kering Kentang Mustofa
Bumbu yang dihaluskan (blender) :
  • Cabe merah keriting 20 buah
  • Cabe merah besar 5 buah
  • Bawang putih 5 siung
  • Asam jawa 1 sdt, larutkan dengan 6 sdm air
Agar kentang tidak mudah patah, ada tips dan trik juga dalam menggorengnya, yaitu tahap awal menggoreng jangan mengaduk kentang karena masih rawan patah, balikkan kentang setelah bagian bawah terlihat agak mengering, setelah terlihat semuanya cukup kering baru bisa sesekali diaduk perlahan sambil memisahkan kentang yang masih menempel.

Resep membuat kering kentang

  1. Kupas kulit kentang lalu cuci bersih, kemudian serut dengan parutan kentang atau potong manual berbentuk batang korek api. Setelah diserut, cuci potongan kentang berulang hingga benar-benar bersih dari getahnya (tandanya hingga air bekas cucian kentang menjadi jernih), dan biarkan kentang dalam air rendamannya.
  2. Panaskan minyak yang cukup banyak (agar kentang terendam) di atas api sedang hingga benar-benar panas. Ambil segenggam kentang sambil ditiriskan dari air rendaman, goreng kentang hingga kering dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, bisa dibantu dengan alas kertas atau tisu agar minyaknya terserap.
  3. Sedangkan untuk persiapan bumbu, blender bumbu halus beserta larutan air asam jawa hingga halus.
  4. Panaskan wajan, masukkan bumbu halus dan daun jeruk, aduk terus hingga mengering (supaya bumbu tidak mengandung air), selanjutnya tuang 3 sdm minyak dan tumis hingga harum, beri juga garam dan gula pasir serta aduk rata.
  5. Setelah bumbu sudah berubah warna agak kemerahan, masukkan kentang yang sudah digoreng sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk perlahan dan gunakan api kecil. Aduk terus hingga bumbu merata dan tidak ada yang menggumpal serta kentang mulai terasa kering, lalu matikan api.
  6. Proses terakhir adalah dengan terus mengaduk-aduk secara perlahan hingga wajan penggorengan mulai dingin (hangat kuku), sehingga kentang akan benar-benar kering dan menjadi renyah tahan lama, angkat dan tempatkan dalan wadah kedap udara.
Aneka : Resep Camilan
Comment disabled
Theme designed by Damzaky
Powered by Blogger