Menu Sehari-hari Jadi Lebih Bervariasi

Resep Acar Timun Wortel Mentah Menu Penurun Kolesterol

by Unknown , at 1:41:00 PM
Resep acar timun wortel mentah : Jika mampir ke kedai sate, tongseng dan gulai hingga martabak telur maupun nasi goreng, acar mentah menjadi menu yang wajib ada. Acar adalah proses fermentasi sederhana dari bahan dasar sayur, seperti mentimun, wortel, bawang merah serta cabai rawit yang menggunakan cuka. Bahan-bahan tersebut memiliki kandungan yang sama-sama baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.
Resep Acar Timun Wortel Mentah
Kuning telur memang tinggi kolesterol, sedangkan nasi yang digoreng dengan minyak atau margarin juga dianggap sebagai makanan tinggi kolesterol. Jadi selain pelezat cita rasa, maka tak heran bila acar timun sudah menjadi kebiasan dalam melengkapi menu-menu tersebut.

Resep bahan acar mentah :

Membuat acar timun di rumah tidaklah sulit, acar sendiri adalah mengawetkan makanan dengan menggunakan cuka dan garam. Ketimun, wortel, cabai dan bawang merah merupakan bahan yang selalu ada, terkadang bisa juga ditambahkan nanas karena buah yang satu ini juga memiliki manfaat penurun kolesterol.

Bahan dan bumbu :
  • Mentimun 5 buah, belah dan buang biji serta potong dadu
  • Wortel 4 buah, bisa dikupas kulit dan potong dadu
  • Bawang merah 10 butir, kupas kulit luar dan potong dadu
  • Cabe rawit hijau campur merah 30 buah dibiarkan utuh
  • Cuka 3 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula pasir 1 sdt

Cara membuat acar mentah :

  1. Cuci bersih bahan-bahan yang sudah dipotong-potong dadu, lalu tiriskan.
  2. Siapkan wadah, jika ada yang mempunyai tutupnya. Masukkan semua bahan-bahan tadi ke dalam wadah termasuk cabe rawit, cuka, garam dan gula pasir.
  3. Aduk rata kemudian wadah ditutup rapat, simpan dalam lemari es hingga benar-benar menyerap. Acar timun mentah yang begitu segar sudah dapat kita dihidangkan.
Aneka : Resep Sambal
Comment disabled
Theme designed by Damzaky
Powered by Blogger