Menu Sehari-hari Jadi Lebih Bervariasi

Resep Ikan Kembung Balado Pedas Khas Padang

by Unknown , at 11:30:00 AM
Cara memasak enak dan praktis, resep ikan kembung balado pedas khas Padang yang kali ini juga kita olah dengan bumbu-bumbu sambal balado sederhana. Ikan kembung merupakan salah satu pilihan ikan laut favorit menu rumahan keluarga termasuk anak-anak, karena dagingnya yang cukup tebal yang relatif aman dari duri-duri halus. Tidak hanya memiliki rasa daging yang sangat gurih, juga harga ikan kembung cukup ekonomis.
Resep ikan kembung balado
Selain ada jenis ikan kembung banjar dan kembung como, ikan ini memiliki aneka macam nama di berbagai daerah, seperti ikan tude, lema atau tatare, banyar atau banyara.
Sebaiknya hindari kebiasaan menghaluskan bumbu menggunakan air, biasanya ini umum terjadi saat menggunakan blender dengan alasan yang lebih praktis karena lebih mudah untuk menghaluskan bumbu. Menambahkan air akan sangat mempengaruhi cita rasa masakan nantinya, bahkan beresiko bumbu menjadi belum matang sempurna disebabkan proses menumisya justru mengeringkan kadar airnya terlebih dahulu.
Jika malas mengulek bumbu halus, kita masih bisa memakai blender, tips sederhananya adalah dengan mencampurinya dengan minyak ketika akan memblender bumbu, sehingga saat menumis bumbu sudah tidak perlu menuangkan minyak lagi karena bumbu sudah tercampur dengan minyak.

Resep bahan kembung balado :
  • Ikan kembung 500 gram (½ kg).
  • Jeruk nipis 1 buah yang digunakan untuk melumuri ikan.
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar, sangat rekomended karena akan memberikan aroma wangi yang khas pada bumbu balado.
  • Garam ½ sendok teh.
  • Penyedap atau kaldu bubuk ½ sendok teh yang tentunya bisa juga anda sesuaikan dengan selera.
  • Secukupnya minyak untuk menumis bumbu dan menggoreng ikan.
Bumbu halus :
  • Cabe merah keriting 15 buah
  • Cabe merah besar 8 buah
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Tomat merah 1 buah

Cara membuat ikan kembung balado :
  1. Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, langkah pertama adalah membersihkan ikan. Bersihkan perut ikan kembung dari kotoran dan buang insangnya. Kerok sisiknya serta kerat-kerat di kedua sisi ikan, lalu cuci ikan hingga bersih.
  2. Lumuri ikan dengan air dari perasan jeruk nipis serta diamkan sekitar 15 menit. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan, kemudian goreng ikan hingga matang, angkat ikan dari wajan dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan, bisa memanfaatkan minyak bekas menggoreng ikan tadi. Setelah panas, masukkan bumbu halus dan daun jeruk, kemudian tumis atau aduk-aduk hingga harum. Beri garam dan penyedap, aduk rata sambil mencicipi rasanya.
  4. Berikutnya masukkan ikan kembung yang sudah digoreng tadi, aduk rata hingga ikan terlumuri bumbu, selanjutnya ikan kembung balado siap dihidangkan.
Aneka : Resep Ikan
Comment disabled
Theme designed by Damzaky
Powered by Blogger