Menu Sehari-hari Jadi Lebih Bervariasi

Resep Telur Gabus Asin Keju Gurih Goreng Renyah

by Unknown , at 3:18:00 PM
Resep telur gabus asin keju gurih goreng renyah : Kue kering yang diolah dengan cara digoreng ini kerap menjadi menu sajian khas lebaran idul fitri, natal dan tahu baru maupun imlek. Teksturnya yang renyah bercita rasa gurih membuat telur gabus juga enak dijadikan cemilan sehari-hari.
Resep Telur Gabus Asin Keju Gurih Goreng Renyah
Kue telur gabus keju dapat dengan mudah kita buat sendiri, bahkan kali ini adonan telur gabus terbuat dari 6 bahan yang sangat sederhana termasuk minyak goreng, namun kue kering goreng ini hasilnya tentunya enak, gurih dan renyah jika sesuai dengan petunjuk resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep bahan telur gabus keju :

Seperti halnya makanan yang renyah, maka telur gabus juga mengharapkan perlakuan yang sama, yaitu disajikan dalam toples atau wadah yang mudah ditutup rapat (kedap udara), agar renyahnya benar-benar bisa tahan lama.
Bahan Telur Gabus
Bahan-bahan :
  • Tepung kanji/tapioka 250 gram (cap sagu pak tani gunung)
  • Keju cheddar 2 bungkus kecil (70 gram) diparut
  • Margarin 50 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam 1/2 sdt
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Resep membuat telur gabus keju :

Karena salah satu tips membuat telur gabus keju adalah merendamnya terlebih dahulu dalam minyak goreng biasa (minyak yang tidak panas agar nanti saat digoreng tidak meletup), maka disarankan menggunakan 2 wajan bahkan bisa lebih agar proses penggorengannya bisa dilakukan dengan cepat. Berikut langkah pembuatan beserta gambar supaya lebih mudah untuk diikuti.
Adonan Telur Gabus
1. Tahap pertama kocok margarin, telur, keju dan garam menggunakan mixer kecepatan tinggi, namun cukup hingga adonan tercampur rata, hasilnya seperti gambar di atas.
Cara Membuat Telur Gabus
2. Selanjutnya tuang tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan sampai adonan kalis sehingga mudah dibentuk.
Cara Membentuk Telur Gabus
3. Siapkan dulu wajan berisi minyak goreng dingin atau yang tidak panas, ambil 1/4 - 1/2 sdt adonan tergantung ukuran yang diinginkan (tidak perlu terlalu besar karena akan mengembang saat digoreng). Kemudian pilin adonan dengan kedua telapak tangan, serta letakkan pada wajan berisi minyak goreng tadi.
Merendam Telur Gabus dalam Minyak Goreng
4. Nah, jika sudah banyak adonan yang terendam, lalu nyalakan api kecil dan tunggu saja hingga mengapung dan mengembang, baru dapat diaduk dengan perlahan.
Cara Menggoreng Telur Gabus
5. Setelah telur gabus sudah mengeras, aduk-aduk yang sering agar matangnya merata serta masak sampai kekuningan, angkat dan tiriskan telur gabus yang sudah matang lalu simpan dalam toples.

Wajan berisi minyak panas yang baru dipakai tadi biarkan dahulu hingga dingin sebelum digunakan kembali, sementara menunggu gunakan wajan berisi minyak goreng yang masih dingin berikutnya.
Aneka : Resep Kue
Comment disabled
Theme designed by Damzaky
Powered by Blogger