Menu Sehari-hari Jadi Lebih Bervariasi

Resep Cibay Sederhana Dari Tasik dan Garut Hingga Bandung

by Unknown , at 2:59:00 PM
Resep cara membuat cibay : Cireng lebay, aci ngambay, aci ngagebay hingga aci ngabarabay adalah bermacam istilah yang menjadi kepanjangan dari jajanan goreng khas Sunda yang sedang populer di Tasikmalaya, Garut bahkan kota Bandung.
Resep Cibay
Adonan dasar cibay sederhana tanpa daging ayam terbuat dari bahan tepung aci atau yang kita kenal juga dengan tepung kanji maupun tepung tapioka. Adonan tepung tersebut berbentuk seperti lem, kemudian dibalut kulit lumpia dan digoreng sehingga renyah di luar.

Cibay juga dapat dikombinasikan dengan aneka bahan lainnya seperti daging ayam untuk memberikan variasi rasa. Cibay enak disajikan hangat bersama bumbu tabur pedas maupun saus sambal termasuk sambal kecap sebagai cocolannya.

Resep bahan cibay sederhana

  • Tepung aci (kanji/tapioka) 250 gram
  • Kulit lumpia 20 lembar
  • Daun bawang 2 batang, iris-iris
  • Bawang putih 3 siung dihaluskan
  • Garam 1 sdt
  • Kaldu bubuk 1/2 sdt
  • Air 800 ml air
  • Minyak goreng seperlunya
Bumbu tabur pedas atau sambal cocolan : campurkan saus tomat, saus sambal dan kecap, sesuaikan rasa yang diinginkan.

Resep membuat cibay sederhana

Bahan membuat cibay
1. Tuangkan air ke dalam panci, serta masukkan juga tepung aci, garam, kaldu bubuk atau penyedap rasa, bawang putih halus dan irisan daun bawang, lalu aduk hingga rata.
Adonan dasar cibay
2. Nyalakan api kecil agar tidak gosong, selanjutnya masak sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan bening, matikan api dan bairkan dulu supaya adonan dingin.
Cara membuat cibay
3. Siapkan 1 lembar kulit lumpia, tuang 2 sdm adonan lalu lipat seperti amplop, gulung dan rekatkan ujungnya dengan diolesi sedikit adonan aci agar menempel. Lakukan hal yang sama terhadap sisa kulit lumpia.
4. Setelah semua kulit lumpia sudah diisi, goreng cibay dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Gunakan api sedang dan goreng hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan lalu sajikan cibay dengan bumbu tabur pedas atau saus maupun sambal kecap.
Aneka : Resep Camilan
Comment disabled
Theme designed by Damzaky
Powered by Blogger